Balikpapan Tawarkan Investasi Jaringan Pipa Air Baku

  • Bagikan

CNBTV.CO.ID – BALIKPAPAN, Pemkot Balikpapan menawarkan investasi proyek jaringan pipa air baku senilai Rp 2,3 triliun dari Bendungan Sepaku Semoi ke Kota Balikpapan.

Penawaran investasi ini dikemukakan Pemkot Balikpapan dalam Alur Laut Kepulauan (ALKI) II Zone Investment Forum 2023 yang digelar sejak 25 – 29 Oktober 2023.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Balikpapan, Murni mengatakan, Alur Laut Kepulauan (ALKI) II Zone Investment Forum 2023 yang digelar Pemkot Balikpapan ini ada dua investasi besar yang ditawarkan.

“Dua investasi tersebut, masing-masing terkait pengelolaan persampahan dan terkait rencana pembangunan jaringan pipa air baku Sepaku – Balikpapan,” ujarnya, Kamis (26/10/2023).

Murni menambahkan, Pemkot Balikpapan dalam pembangunan jaringan pipa air baku dari Bendungan Sepaku – Semoi ke Kota Balikpapan ini sendiri dibantu oleh Pemerintah Pusat untuk menggunakan metode KPBU atau kerjasama antara Pemerintah dan Badan Usaha.

“Kenapa harus dibantu pusat, pasalnya jika dikerjakan dengan menggunakan anggaran daerah, tentunya Kota Balikpapan tidak sanggup karena total investasinya mencapai Rp 2,3 triliun untuk kapasitas 1000 liter per detik,” jelasnya.

Dikatakannya, dengan menggunakan metode KPBU ini diharapkan ada perusahaan yang mau membiayai semua pelaksanaan projek tersebut. Dan selanjutnya Pemkot Balikpapan hanya membayar untuk layanannya dengan total investasi yang mencapai Rp 2,3 triliun hasil akhir yang didapatkan adalah air minum.

Murni meyakini proyek yang ditawarkan Kota Balikpapan ini akan banyak mengudang para investor yang tertarik dengan proyek air baku yang investasinya bernilai tinggi. Pasalnya, air baku akan selalu dibutuhkan oleh orang banyak dan tidak mungkin tidak dibutuhkan.

“Saat ini kita masih menyiapkan dokumennya dengan dibantu oleh Bappenas, yang akan dimasukkan dalam IPRO, yang akan dilengkapi dengan kajian awal, yang memastikan kejelasan lokasi, kelayakan pelaksanaan dan sudah ada perhitungannya untuk pelaksanaan proyek tersebut,” tutupnya.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *