Pastikan Ketersedian Beras, Disdag Berencana Gelar Operasi Pasar Murah

  • Bagikan

CNBTV.CO.ID – BALIKPAPAN, Pemerintah Kota (Pemkot Balikpapan) melalui Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Balikpapan berencana akan menggelar operasi pasar murah bahan pokok (Bapok) menjelang bulan suci Ramadan Tahun 2024.

Upaya ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan dan aksesibilitas komoditas pangan utamanya beras bagi warga Kota Balikpapan tercukupi. Menyusul kenaikan harga beras yang saat ini terjadi cukup signifikan.

Kepada Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Balikpapan, Haemusri Umar mengatakan, saat ini harga beras di sejumlah pasaran tradisional di Kota Balikpapan masih dalam kisaran normal yakni Rp17.500 perkilogram khusus untuk beras premium.

Dimana hasil koordinasi dengan tim pengendalian inflasi daerah (TPID), Haemusri memastikan ketersediaan pasokan beras di Balikpapan cukup hingga bulan Juli 2024.

“Sebelumnya sudah dapat bantuan beras impor dari Thailand 11.600 ton. Kemudian stok ketersediaan beras khusus di Balikpapan sekitar 3.300 ton,” ujarnya, Senin (26/2/2024).

Haemusri menambahkan, operasi pasar murah yang akan dilaksanakan Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Balikpapan ini akan menyediakan seluruh komoditi pangan, yang dilaksanakan tersebar di enam kecamatan kota Balikpapan.

“Jadi nanti bukan hanya beras saja, tapi seluruh komoditi pangan. Bekerja sama dengan Bulog, Bank Indonesia, dan distributor bahan pangan,” jelasnya.

Dikatakannya, Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Balikpapan juga telah berkomunikasi dengan Pertamina Patra Niaga Balikpapan. Khususnya, untuk mengantisipasi pasokan gas LPG 3 kg tidak langka.

“Langkah ini diharapkan dapat membantu sektor UMKM dan masyarakat umum dalam menjalani bulan puasa yang sebentar lagi tiba,” tukasnya.

Sementara iru, Pedagang beras di Pasar Klandasan Balikpapan, Samsul mengatakan harga beras selama sepekan terakhir ini mengalami kenaikan, beras per karung ukuran 25 kilogram naik jadi Rp40.000 per karung, dari semula Rp 360.000 menjadi Rp 395.000 per karung.

“Kenaikan ini mau tidak mau juga membuat harga beras eceran juga ikut naik,” ujarnya.

Saat ini, harga beras eceran untuk kualitas premium mencapai Rp19.000 per kilogram dari Rp16.000 per kilogram. Sementara beras kualitas medium naik menjadi Rp 18.000 per kilogram dari Rp 14.000 per kilogram.

Melambungnya harga beras di Balikpapan ini, diduga akibat semakin menipisnya stok.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *