Boedi : MPP Sudah Dilengkapi Dengan Layanan BPJS Kesehatan

  • Bagikan

CNBTV.CO.ID – BALIKPAPAN – Bagi masyarakat Kota Balikpapan kini dapat manfaatkan layanan BPJS Kesehatan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Balikpapan.

Hal tersebut terlaksana berkat adanya kolaborasi antara Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Balikpapan dengan BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan

Kepala DPMPTSP Kota Balikpapan, Boedi Liliono mengungkapkan layanan BPJS Kesehatan di Mal Pelayanan Publik ini telah dilakukan soft opening pada bulan Februari 2021. Semua instansi pelayanan publik, termasuk BPJS Kesehatan membuka layanan di MPP ini.

“Instansi pelayanan publik, telah membuka layanan pada Mal Pelayanan Publik ini. Dengan adanya pembukaan layanan BPJS Kesehatan ini, tentunya dapat memecah antrean yang ada di Kantor Cabang BPJS Kesehatan. Selain itu juga, mempermudah masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari kantor BPJS Kesehatab,” ujar Boedi Liliono, Rabu (7/12/2022).

Ia juga telah menyiapkan beberapa layanan digital yang memudahkan masyarakat. Ditambah juga, pihaknya terus melakukan evaluasi kualitas layanan dengan memberikan fasilitas survei kepuasan layanan.

“Tentunya kami juga telah menyiapkan fasilitas-fasilitas dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Maka dari itu, kepada masyarakat Kota Balikpapan diharapkan untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di MPP ini,” akunya.

“Terkhusus untuk layanan BPJS Kesehatan silahkan untuk memanfaatkan layanan ini, baik itu konsultasi maupun pelayanan administrasi lainnya,” lanjut Boedi.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan, Sugiyanto menyampaikan layanan yang dibuka di MPP Kota Balikpapan diharapkan dapat memberikan alternatif layanan secara tatap muka selain di Kantor, sehingga masyarakat dapat merasakan akses layanan yang lebih mudah.

“Selain datang ke Kantor, masyarakat dapat memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan di MPP ini. Mulai dari pendaftaran, perubahan data dan melakukan pendaftaran pada aplikasi Mobile JKN pun bisa dilakukan di layanan ini,” ujar Sugiyanto.

Ia juga menyarankan kepada masyarakat untuk memanfaatkan layanan yang hadir di MPP Kota Balikpapan. Apalagi untuk masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari kantor cabang BPJS Kesehatan, menurutnya layanan tersebut bisa menjadi solusi dalam mengakses layanan kepesertaan JKN.

Diketahui, Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Balikpapan menjadi salah satu yang diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN RB), Senin (5/12/2022). Menteri PAN RB, Abdullah Azwar Anas meresmikan MPP di 26 kabupaten/kota secara virtual disaksikan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Pada kegiatan ini juga sekaligus dilaksanakan pencanangan birokrasi tematik di Jakarta, yang diikuti daerah-daerah melalui video conference.

Di MPP Kota Balikpapan saat ini telah tersedia 26 unit pelayanan publik (UPP) dengan 142 layanan. Keberadaan MPP ini menjadi salah satu upaya reformasi birokrasi oleh pemerintah, melalui perbaikan pelayanan publik.

Sebelumnya pada 28 Juni 2022 telah dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman MPP yang disaksikan pula oleh wakil presiden. Sebanyak 77 MPP juga telah diresmikan hingga akhir November 2022 lalu.

“Reformasi birokrasi bukan sekedar rutinitas. Apalagi beban. Namun kebutuhan atau keharusan. Karena jadi daya ungkit dan akselerator tercapainya pembangunan nasional,” ungkap Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dalam sambutannya.

Menurutnya Indonesia ingin mewujudkan reformasi birokrasi yang dinamis, menuju birokrasi kelas dunia. Namun untuk mencapai cita-cita ini masih ada tantangan nyata.

Ia menuturkan, dengan adanya penambahan 26 MPP lagi, maka total ada 103 MPP. “Harapannya, ini tidak hanya menandakan keberhasilan target 2022, tapi juga bentuk konkret, hasil kolaborasi antar sektor. Menuju integrasi penyelenggaraan pelayanan publik berkualitas bagi masyarakat,” ungkapnya.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *