Curah Hujan Masih Tinggi, BPBD Balikpapan Minta Warga Waspada

  • Bagikan

CNBTV.CO.ID – Balikpapan – Curah hujan yang tinggi menyebabkan beberapa titik di daerah Balikpapan mengalmi banjir, hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Usman Ali, Senin (27/5/2025).

Adapun titik banjir tersebut, yakni di kawasan Perumahan Sosial Sepinggan, Perumahan Bukit Damai Sentosa (BDS) II Balikpapan Selatan, kawasan Jalan Batu Ratna Km 11 Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, dan kawasan Jalan Beller, Balikpapan Selatan.

“Untuk di perumahan sosial itu kedalaman banjir mencapai 30 sampai 50 centimeter (Cm). Dan informasi terakhir di Jalan Beller masih tergenang, hanya saja bisa di lewati kendaraan,” ucap Usman.

Berdasarkan informasi terakhir yang ia terima, kondisi banjir di beberapa kawasan tersebut mulai berangsur surut. Selain itu, pihaknya terus melakukan monitoring koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sehubungan dengan teknis banjir.

Selain banjir, curah hujan yang tinggi juga menyebabkan pohon tumbang di kawasan Balikpapan Baru tepatnya depan Indomaret, namun saat ini sudah dilakukan evakuasi oleh tim.

Untuk mengantisipasi musibah yang terjadi, ia mengimbau masyarakat agar selalu waspada mengingat beberapa hari terakhir ini kondisi cuaca di Balikpapan sangat tidak menentu.

Ia mengatakan, jika kawasan tersebut memang daerahnya rawan banjir, dirinya mengimbau agar warga selalu waspada mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

“Artinya bisa mengamankan barang-barang berharganya ke lokasi yang lebih tinggi. Kemudian rutin melakukan pembersih selokan dan sampah. Kami juga mengingatkan masyarakat agar berkoordinasi dengan kelurahan setempat apabila terjadi sesuatu, sehingga dari lurah bisa menyampaikan ke BPBD sebagai tupoksi pertolongan dan penyelamatan,” jelasnya.

Selain waspada banjir, pihaknya juga mengimbau masyarakat yang tinggal di area perbukitan atau lereng agar berhati-hati dengan bahaya tanah longsor. Karena di cuaca saat ini bahaya tanah longsor juga mengancam warga.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *