Karnaval Budaya Nusantara Digelar Besok, Masing-Masing Kota Tampilkan Pakaian Adat

  • Bagikan

CNBTV.CO.ID – Balikpapan – Karnaval Budaya Nusantara akan menyemarakkan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-XVII tahun 2024 yang berlangsung di Balikpapan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan, Irvan Taufik mengatakan, kegiatan ini akan menjadi ajang penampilan budaya dan fashion kreatif khas masing-masing kota yang diikuti 6.500 peserta dari 65 kota di seluruh Indonesia.

Mereka akan menggunakan pakaian adat, sehingga ada penampilan kolaborasi antara berbagai macam pakaian adat. Pelaksanaannya akan berlangsung Rabu (5/6/2024) sekitar Pukul 17.00 – 24.00 Wita.

“Sebagai tuan rumah kegiatan Rakernas APEKSI, Balikpapan ikut serta dalam kegiatan yang melibatkan 400 peserta dari pelajar dan Sanggar Seni Tari,” ucap Irvan kepada awak media, Selasa (4/6/2024).

Dalam opening Karnaval Budaya Nusantara, Balikpapan akan terdapat penampilan tarian berupa Tari Gantar, Tari Mahligai, serta Tari Perang Buldog.

Untuk mendukung beragam kegiatan, Pemkot Balikpapan akan menutup akses jalan mulai dari Jalan Manuntung CBD dan Jalan Ruhui Rahayu I.

Kemudian start Karnaval di depan Taman Tiga Generasi ke PDAM, Kantor organisasi perangkat daerah (OPD) hingga masuk menuju BSCC Dome.

“Arus manajemen lalulintas diatur selama gelaran Karnaval Budaya Nusantara berlangsung. Supaya aman, dan tidak menganggu area persimpangan BSSC Dome,” terangnya.

Maka kendaraan dari arah Pasar Sepinggan bisa melalui Jalan Syarifuddin Yoes. Kemudian yang melintas kawasan Jalan Abdi Praja Sepinggan dan lain-lain bisa bertolak melintas ke wilayah Puri Ratu Kencana, Sepinggan, Balikpapan.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *