Perbaikan Jalan Longsor Mukmin Faisal Memakan Anggaran Rp14 Miliar

  • Bagikan

CNBTV.CO.ID – Balikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan, melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan kembali menggelontorkan anggaran senilai Rp14 Miliar untuk pengerjaan jalan longsor di jalur dua Jalan Poros Mukmin Faisal, Kelurahan Sepinggan Baru, Balikpapan Selatan.

Jalur ini menghubungkan Jalan Kilometer 8, Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara dan jalan menuju Stadion Batakan, Balikpapan Timur.

Kepala DPU Kota Balikpapan, Rita mengungkapkan, bahwa pengerjaan jalan longsor tersebut sudah mulai dilaksanakan dengan skema 180 hari kalender. Proyek ini dikerjakan oleh CV Jaya Karya Mulia dengan konsultan dari CV Wawinta Konsultan.

Seperti diketahui, tahun lalu akses jalan Mukmin Faisal ini sebagian mengalami longsor.

“Oleh karena itu, tahun ini kami menangani longsornya. Anggarannya sekitar Rp 14 miliar dengan waktu pengerjaan 180 hari,” kata Rita pada Sabtu (29/6/2024).

Rita menjelaskan bahwa pengerjaan proyek jalan longsor ini akan menggunakan tiang pancang yang dimulai dari pembuatan lubang dengan bor.

Kemudian, pipa-pipa dimasukkan ke dalam lubang tersebut dan dilanjutkan dengan pengecoran beton.

“Proyek ini juga untuk mendukung kelancaran akses jalan Mukmin Faisal yang menjadi jalur alternatif dari Balikpapan Selatan ke Balikpapan Utara,” tambahnya.

Selain itu, Rita menyebutkan bahwa pihaknya telah melakukan peninjauan lapangan untuk melihat secara langsung proses pengerjaan proyek jalan longsor tersebut.

Sebagian besar pekerjaan melibatkan pembangunan dan peningkatan badan jalan dari sisi barat.

Proyek ini diharapkan dapat segera selesai tepat waktu sehingga akses jalan Mukmin Faisal dapat kembali normal dan memudahkan mobilitas warga Balikpapan.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *